Tim Debat Bahasa Inggris STIKES Bali Juara di Dua Event

Tim Debat Bahasa Inggris STIKES Bali Juara di Dua Event

Setelah bulan Oktober menjadi bulan prestasi bagi STIKES Bali, kini bulan November juga menjadi bulan prestasi STIKES Bali. Sejumlah prestasi nasional dan regional diraih mahasiswanya.  Ini semua berkat STIKES Bali sukses menerapkan budaya mutu di kampus.

Mahasiswa STIKES Bali meraih juara  lomba debat bahasa Inggris sukses menjadi yang terbaik di dua event. Pada lomba debat bahasa Inggris khusus soal keperawatan tingkat nasional yang diadakan di Unud belum lama ini, tim debat STIKES Bali meraih juara III.

Prestasi itu diukir oleh Ni Putu Wisma Ekawati ( S-1 ners keperatawan) bersama  Kadek Ayu Ristianti (S-1 ners keperawatan) dan I Gusti Ayu Utari Harmoni ( S-1 ners keperawatan).

 Di ajang itu  menurut Putu Wisma diikuti puluhan tim debat dari PTN dan PTS di Indonesia. Di babak penyisihan tim STIKES Bali melawan tiga tim secara berkelanjutan. Di antaranya  melawan  Unhas, Unud dan STIKES Madura.

 Di babak semifinal  tim STIKES Bali bertemu dengan Unud, kalah namun menang melawan Poltekes sehingga berhak meraih juara III.

Tim STIKES ini juga dikirim STIKES Bali untuk mengikuti  lomba debat yang lebih bergengsi lagi di Unram.  Dikatakan demikian karena materi yang didebatkan soal umum dan diikuti oleh umum sehingga lawannya jauh lebih berat. Sementara STIKES Bali satu-satunya  PT yang berlatar belakang keperawatan.

Lomba debat ini diikuti 24 tim. Tip tim diperkuat  dua orang sementara tim STIKES Bali kembali diperkuat duo Ni Putu Wisma Ekawati bersama  Kadek Ayu Ristianti. Akhirnya anak asuh Miss. Ni Kadek Ary Susandi S.S.,M.App.Ling.  dan Ida Ayu Anom Rastiti sukses meraih juara II tingkat nasional.

Pola lomba  dengan sistem British Parlementry  ini di babak penyisihan  STIKES Bali melawan Unram, IAIN, IKIP Mataram dan Unud.  Yang menarik, STIKES Bali di babak final dikeroyok oleh tiga tim dari Unud. Namun karena memang berkualitas, akhirnya STIKES Bali mendapat juara II .

Ari Susandi mengatakan setelah meraih juara di dua event, tim ini akan disiapkan terjun ke NUDC Dikti. Lebih-lebih STIKES Bali akan mempersiapkan diri menjadi tuan rumah WSDC ( Word School Debeting Championship) 2017 yang diadakan Kemendikbud. Diperkirakan lomba akan diikuti 60 negara untuk tingkat SMA se- dunia.

 Ketua YP3LPK Bali, Drs. Ida Bagus Arka mengungkapkan rasa bangganya karena setiap lomba debat timnya selalu meraih juara. Kini dia focus ntuk menghasilkan tim kuat yang lebih solid untuk bisa berbicara di ajang nasional dan internasional. Untuk itu  yayasan kini  memperpuat bimbingan kepada mahasiswa dengan menambah dosen S-2 bahasa Inggris.

Saat ini STIKES Bali merekrut dua dosen baru khusus untuk bahasa Inggris. Ini juga bagian persiapan  sebagai tuam rumah WSDC 2017. Tim ini juga merperkuat Kantor Urusan Internasional (KUI) yang memperoleh dana hibah dari Dikti didukung yayasan juga memiliki komitmen kuat untuk membiayai semua biaya KUI.

Dia mengharapkan mahasiswa terus mempersiapkan diri bersama dosen pembimbing untuk melakukan kaderisasi. Sebab lomba akan terus bergulir. Mereka dibina dalam bentuk ekstra English Club. Yayasan siap membiayai sepenuhnya operasional lomba. Bahkan Persatuan Orangtua Mahasiswa (Pormasi) STIKES Bali juga memberikan reward bagi mahasiswa yang berprestasi berupa dana khusus. (025)