STIKES Bali dan YPPLPK Bali Menyerahkan Bantuan Tahap Kedua Kepada Korban Bencana Longsor di Desa Songan, Kintamani, Bangli

STIKES Bali dan YPPLPK Bali Menyerahkan Bantuan Tahap Kedua Kepada Korban Bencana Longsor di Desa Songan, Kintamani, Bangli

Bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Bali menggugah rasa kemanusiaan masyarakat, termasuk civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bali. Bencana longsor yang terjadi di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, pada  Kamis (9/2) malam, menyebabkan empat rumah rusak dan tujuh orang dinyatakan meninggal dunia. Menyikapi hal tersebut, civitas akademika STIKES Bali telah menyalurkan bantuan tahap pertama berupa uang tunai, bahan makanan dan minuman, pakaian layak pakai dan perlengkapan mandi cuci kakus pada tanggal 12 Pebruari 2017. Bantuan diserahkan langsung oleh Pembantu Ketua III (Ns. I Ketut Alit Adianta, S.Kep, MNS) didampingi oleh Ketua P3M (Ns. Made Rismawan, S.Kep, MNS) dan perwakilan mahasiswa STIKES Bali kepada petugas di posko penampungan pengungsi di Desa Songan.

Selanjutnya, dalam rapat koordinasi antara Ketua STIKES Bali (IGP Darma Suyasa, SKp, MNg, PhD bersama dengan Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan Latihan dan Pelayanan Kesehatan (YPPLPK) Bali (Drs. Ida Bagus Arka) diputuskan untuk memberikan bantuan lanjutan (tahap kedua). Bantuan tahap kedua ini diserahkan kepada Kepala Desa Songan (I Ketut Artawan) bertempat di Kantor Desa Songan pada hari Jumat (24/2). Bantuan tahap kedua berupa uang tunai ini diserahkan oleh Drs. I Ketut Widia, BN.Stud, MM didampingi oleh organ pengurus YPPLPK Bali, Ketua P3M STIKES Bali dan perwakilan mahasiswa dari setiap program studi. 

Kepala Desa Songan mengungkapkan, akibat bencana yang melanda Desa Songan, tidak hanya menyebabkan hancurnya areal pertanian dan rumah tetapi hingga merenggut nyawa warganya. “Saya mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian STIKES Bali dan YPPLPK Bali. Bantuan dan dukungan ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya keluarga korban. Harapan kami agar semua pihak memberikan bantuan dan dukungan terhadap keluarga yang terkena musibah bencana,” katanya.

Drs. I Ketut Widia, BN.Stud, MM menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada warga yang mengalami musibah dan mengharapkan mereka diberikan kekuatan lahir batin. Lebih lanjut beliau menyatakan “Bantuan ini terkumpul dari sumbangan semua civitas akademika STIKES Bali sebagai wujud kepeduliaan kami atas musibah yang menimpa saudara-saurada kita khususnya di Desa Songan ini. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi mereka” ujarnya.