SEMINAR & WORKSHOP KEPERAWATAN GAWAT DARURAT EMERGENCY CARE IN NURSING AREA

SEMINAR & WORKSHOP KEPERAWATAN GAWAT DARURAT EMERGENCY CARE IN NURSING AREA

Kejadian gawat darurat seringkali terjadi tanpa diduga. Kejadian tersebut dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan memerlukan penanganann segera karena berpotensi besar mengancam jiwa atau menimbulkan kecacatan permanen. Dalam situasi tersebut perawat sebagai salah satu tenaga medis memiliki peran yang penting dalam menentukan keberhasilan dari intervensi yang diberikan. Seorang emergency nurse harus mampu memberikan perawatan kedaruratan terutama pada fase intra rumah sakit. 

Keberhasilan pertolongan penderita yang mengalami kondisi gawat salah satu nya  ditentukan oleh kualitas dari pelayanan gawat darurat di rumah sakit. Untuk memberikan kualitas pertolongan yang baik, maka seorang emergency nurse harus memiliki kemampuan untuk menanggulangi keadaan gawat darurat dan salah satu keadaan gawat darurat yang sering terjadi di masyarakat adalah cardiac arrest. Penanganan cardiac arrest memerlukan keterampilan dan kesigapan yang optimal dari seorang perawat. Pemberian intervensi seperti Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada kasus tersebut harus dilakukan dalam 4 menit pertama setelah serangan terjadi. Keterlambatan pemberian pertolongan dapat menyebabkan kerusakan jantung bahkan otak yang bersifat permanen. Setelah pemberian RJP pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) juga tidak kalah pentingnya untuk dilakukan. Hasil pemeriksaan EKG dapat digunakan sebagai tolok ukur dari keberhasilan tindakan RJP yang diberikan.  

Oleh karena itu penting bagi tenaga kesehatan khususnya perawat untuk mengetahui, memahami serta mampu melakukan penanganan dari kasus gawat darurat tersebut. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan perawat dan mahasiswa keperawatan, maka penting untuk menyelenggarakan Seminar dan Workshop Emergency Care in Nursing Area.

          Adapun topik yang dibahas pada seminar ini meliputi :

  1. Basic Electrocardiography (ECG) for Nurse
  2. 2015 AHA guideline update for cardiopulmonary resuscitation and emergency cardiovascular care

 

 

Tujuan umum:

Kegiatan Seminar dan Workshop Emergency Care in Nursing Area ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa serta memberikan pemahaman dan contoh praktik bagi mahasiswa keperawatan dan perawat untuk memberikan penatalaksanaan pada pasien gawat darurat terutama dalam kasus cardiac arrest.

 

 

Pembicara yang professional dan kompeten akan menjelaskan dan memaparkan pengetahuan dan pengalaman mereka selama seminar sebagai berikut:

 

  1. Irawan, S.Kep, SKM (Master of Trainer AGD 118).
  2. Ns. NLP Inca Buntari Agustini, S.Kep.,MNS (Dosen Gadar Kritis STIKES Bali).